SEKILAS INFO
23-10-2024
  • 3 tahun yang lalu / Kuliah Umum Civitas Akademika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI Almuhammad) Cepu, Bersama Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Agama RI, Prof Dr. KH. Nizar Ali, MAg Besuk Pada Hari Jumat, 9 April 2021, Pukul 12.45 WIB, di Aula Ponpes Almuhammad Cepu, Seluruh Tamu Wajib Mentaati Protokol Kesehatan.
  • 3 tahun yang lalu / Sekitar 309 Mahasiswa STAI Almuhammad, mengikuti pemekalan Kuliah Kerja Nyata di aula kampus setempat. Pembekalan KKN dilaksanakan selama dua hari, yak dari 20 hingga 21 Februari 2021.
  • 3 tahun yang lalu / Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Genap Mahasiswa STAI Almuhammad Cepu akan dilaksanakan darai tanggal 24 Februari hingga 27 Maret 2021. KKN akan dilaksanakan dengan mengacu standar protokol kesehatan.

Sertifikat Akreditasi PAI AMC 2018 – 2023

download

 

 

 

 

 

 


KOPERTAIS WILAYAH X & IV ADAKAN KLINIK AKREDITASI LAMDIK & LAMEMBA

(Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Muhammad Cepu hadir Kilnik Akreditasi)

Kamis-Sabtu, 8-10 Desember 2022 di hotel Grand Mercure Surabaya 

Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Muhammad Cepu turut serta Klinik Pendampingan Akreditasi LAMDIK & LAMEMBA Program Studi di naungan PTKI Wilayah X Jawa Tengah dan Wilayah IV Jawa Timur dengan perwakilan Kaprodi/Sekprodi, LPM, maupun tim penyusun Borang APS dengan jumlah lebih kurang 78 orang peserta yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendis Kemenag RI, kegiatan ini terselenggara di hotel Grand Mercure Surabaya sejak pada Kamis-Sabtu, 8-10 Desember 2022.

Sebagai narasumber kegiatan tersebut dihadirkan dari tim Best-Q sebagai Trainers klinik pendampingan pada Prodi dalam pengisian APS.

Berkaitan dengan Akreditasi Prodi sebenarnya bukan lagi pada personal/perseorangan ataupun Prodi, akan tetapi semua unsur intitusi lembaga terlibat dan bersinergi mewujudkan keberhasilan Akreditasi Program Studi, karena dalam akreditasi ini banyak membutuhkan akurasi data yang benar-benar sesuai dengan apa yang ada di DKPS maupun LED nya kalau berharap nilai Unggul” timpal Tim Best-Q.

Salahsatu peserta Kilnik mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini terutama bagi Prodi yang benar-benar masih buta tentang akreditasi yang ada di LAMDIK maupun LAMEMBA “terimakasih untuk semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga bermanfaat untuk pengembangan Prodi khususnya dan semua PTKI yang gabung dalam klinik ini pada umumnya. Aamiin.

Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I. CPRM, CPHCM, CHCB, CHCM, CIT memberikan ulasan “bagi bapak dan ibu yang direview dan disimulasikan skor kuantitatifnya, tetap berhati hati karena skor akhir yang disebutkan bukan jaminan itu nilai akhir dari AL karena tidak mungkin penilaian kualitatif semuanya skor 4”. Jadi yang perlu diperhatikan :

  1. Perbaiki data kuantitatif yang masih rendah.
  2. Perhatikan skor kualitatif yang memiliki skor 4,
  3. Lakukan simulasi sebelum AL
  4. Siapkan bukti dokumen sebagaimana yang diminta oleh asesor pada saat AL

Semoga sukses buat kita semua dalam penyusunan hingga pada AL serta mendapatkan nilai yang memuaskan.

Dr. Helmi Syaifuddin, M. Fil. I, CRMP menambahkan semangat serta motivasinya “salam sehat dan salam sukses yaaaa….. Selamat menyiapkan akreditasi Prodinya dengan persiapan yang lebih baik. Kalau ada kendala, Jangan sungkan-sungkan menanyakan ke group yang sudah tersedia, kita carikan solusi pemecahannya. Masih menurut Dr. Helmi menyatakan “Kami juga siap untuk berbagi pengalaman seputar Akreditasi oleh BAN-PT. Mungkin ada Prodi yang belum ada LAM-nya dan sedang menyiapkan diri menyusun dokumen, silahkan dikonsultasikan, ada satu catatan penting yang harus diperhatikan untuk memenuhi persyaratan akreditasi, yaitu kampus bapak/ibu harus memiliki Auditor Internal. Mengapa? Auditor punya peran penting dalam menjalankan siklus PPEPP. Khususnya tahap E (evaluasi). Sementara Siklus PPEPP adalah bagian dari aspek SPMI yg diminta oleh instrumen akreditasi. Banyak hal pengamalam yang tercurahkan oleh beliau kepada semua peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Seputaran yang disampaikan oleh Dr. Muh. Nashirudin, S.Ag., M.Ag., M.A. CRA. CRP, CIT memberikan semangat kepada peserta, beliau berucap “melihat pada semangat bapak/ibu semuanya, rasanya predikat Unggul bukanlah hal yang tidak mungkin, semoga semuanya menjadi agen-agen mutu untuk PTKI yang lebih baik, Selamat berjuang bapak/ibu semua. Selain memberikan semangat pada peserta juga banyak hal yang tercurahkan dan trik-trik dalam pengisian DKPS maupun LED nya. Sehingga peserta yang hadir mempunyai gambaran dalam pengisian yang benar serta penyajian data sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Nashir juga meminta DKPS Prodi yang sudah terisi lengkap maupun yang sudah disubmite, diantara DKPS maupun LED nya sudah komplit adalah dari Prodi PAI STAI Al Muhammad Cepu dipaparkan serta disandingkan dengan DKPS lainnya agar saling memberikan pemahaman bagi Prodi yang tergabung dalam klinik tersebut.

Pesan dari tim Best-Q dalam pemaparannya, harap memperhatikan ; 1. perhatikan penilaian kuantitatif yang memenuhi penilaian, 2. tulis LED sesuai dengan pedoman dan matriks, 3. Gunakan rumus 5 W 1 H dalam menyusun data yang bersifat kualitatif. 4. Speak With Data dengan membuat folder masing masing kriteria dan link kan dokumen baik DKPS maupun LED, 5. perhatikan kriteria yang memiliki bobot tinggi, 6. Teamwork dan terakhir jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, semoga diberikan kelancaran serta kesuksesan dalam akreditasi ini.

Saut peserta klinik dalam kegiatan ini berucap sangat berterima kasih sudah memberikan pendampingan yang sangat luar biasa. Banyak ilmu baru yang kami dapatkan dari kegiatan ini, Semoga bisa membantu membawa perubahan yang positif terhadap prodi juga institusi kita masing-masing.

Ucapan apresiasi serta himbauan dari Adi Kusmanto salah satu perwakilan dari Prodi PAI STAI Al Muhammad Cepu mengucapkan banyak terimakasih atas Ilmu yang tercurahkan untuk kami, untuk lembaga kami, Keilmuan yang tercurahkan merupakan semangat kami, dan kami berpesan pada kawan-kawan Prodi maupun PTKI jangan terkecoh dengan nilai predikat unggul dulu, impian boleh & yang terpenting akurasi data mari kita wujudkan, tapi konsistensi yang harus kita pegang, InsyaAllah menemukan solusi terbaik untuk kita semua.

“Mentor kita, Guru kita, yang selalu membimbing kita, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan, barokah rizkinya, barokah kehidupan keluarganya, serta mbarokahi untuk kita semua dalam menuju kesuksesan kita bersama. Amiin.

 

Alamat

Jl. Blora No.151, Wonorejo, Cepu, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58312